Rabu, 22 Juli 2009

Wisdom

Kata-kata bijak selalu diasosiasikan dengan pepatah Cina...
Saya selalu salut dengan berbagai buku bercerita klasik mengenai pepatah Cina...
Umumnya ceritanya apik dan selalu ada hikmah dibaliknya...
Sangat menyegarkan pikiran dan menjernihkan otak...
Terkadang malah bisa menentramkan hati dan jiwa...
Hebat...

Kemarin, setelah bersenang-senang bersama dua orang teman saya, saya serasa diisi kembali...
Berbagai cerita dan kekonyolan kami bagi bersama...
Dan sudah pasti, kodrat setiap manusia adalah membicarakan manusia lainnya...
Seakan itu akan selalu menjadi topik yang abadi...
Mencerca, bingung hingga tak habis pikir tentang kelakuan teman-teman lainnya...
(makanya saya gak percaya dengan pepatah jika kamu bersin, maka kamu sedang dibicarakan oleh orang lain)

Ditemani udara sejuk Puncak, susu segar dan pemandangan hijau, kami berbagi semua cerita dan informasi, mulai dari yang lucu, mengesalkan, ironis hingga sudah malas membicarakannya...
Ada teman saya yang baru jadian tapi katanya tidak dianggap...
Ada teman saya yang masih belum bisa move on...
Ada teman saya yang selalu berantem sama pacarnya untuk hal-hal sepele...
Ada teman saya yang akhirnya bisa 'keluar' dari lobang keterpurukan hatinya...
Dan tak lupa, topik mengenai seks selalu menjadi yang paling diminati...
(Ken, Ga... Saya jadi rindu kalian lagii...)

Well, celetukan demi celetukan berisi sindirian acapkali terucap...
Dimulai dari teman saya yang 'menjilat ludah sendiri'
"Orang tuh bisa marah-marahin temennya, tapi goblok sama diri sendiri"
Ya, benar...

MANUSIA BISA BIJAK DENGAN SESAMA, TAPI TIDAK BISA BIJAK DENGAN DIRI SENDIRI...

Ini fakta dan ironis...
Saya bukan orang sok suci... Tapi beginilah kita...
Mungkin ada orang yang bahasanya berbeda namun intinya mirip yaitu :

KITA TAKKAN PERNAH BISA MERASAKAN APA YANG ORANG LAIN RASAKAN SEBELUM KITA SENDIRI MENGALAMINYA...

Dan ketika kita sendiri mengalaminya, baru kita sadar bahwa ini berat..
Bahwa teman-teman kita yang pernah mengalaminya ternyata jauh lebih kuat..
Bahwa kita tak sekuat yang kita kira...

Sejenak pemikiran saya tentang kata BIJAK
Saya percaya seseorang yang bijak dengan dirinya sendiri adalah seseorang yang tak pernah merasa dirinya cukup kuat menghakimi orang lain dan menggunakan empati dengan tepat...

Belajar untuk jadi bijak yukk...

Niscaya kamu akan memandang dunia dengan sisi berbeda...

PS : the world is too beautiful.. Instead of enjoying the pain, change your side and enjoy the world...

Tidak ada komentar: